UPCOMING EVENT : 5K World Heart Day Run

Tips Penting Untuk Program Latihan Lari Marathon

Marathon merupakan cabang olahraga yang cukup banyak diminati. Olahraga ini banyak peminat karena sangat mudah dan juga murah. Kita tidak perlu mencari tempat untuk berlatih ataupun mengeluarkan biaya mahal. Oleh sebab itu atlet lari pun juga cukup banyak kita temui. Dalam melakukan lari marathon diperlukan persiapan yang maksimal, baik untuk atlet yang telah mahir maupun orang yang belum berpengalaman. Persiapan ini merupakan program latihan lari Marathon. Pada umumnya atlet dan juga pelatihnya akan mempersiapkan program latihan agar dapat menjadi pemenang tercepat dan juga sesuai dengan targetnya. Program latihan ini pun juga harus ditepati dan ditaati  dalam tujuan untuk mencapai target sebagai pemenang. Program Latihan Lari Marathon  ini pada umunya dibuat semaksimal mungkin dan harus dilaksanakan untuk mencapai tujuan bisa menjadi pelari yang tercepat digaris finish. Berikut ini adalah beberapa program latihan lari marathon yang perlu dibuat :
  1. Menaati waktu latihan dengan tepat
Latihan sangat diperlukan bagi anda yang akan mengikuti kompetisi lari. Hal ini tentunya sangat berguna dan bermanfaat agar tubuh anda terbangun dan mampu  menjadi pelari yang tercepat. Latihan lari sebaiknya dilakukan setiap hari di setiap waktu pagi, siangg hingga sore. Latihan yang rutin dan maksimal tentunya akan menyempurnakan kemampuan anda.
  1. Tetapkan strategi Lari-jalan-lari
Di dalam lari marathon, sebaiknya lari anda cukup stabil dan terjaga kecepatannya. Jika anda pemula di dalam  olahraga lari ini, sebaiknya gunakanlah strategi lari-jalan-lari, strategi ini adalah trik dan cara yang bagus untuk perlahan-lahan membangun endurance tubuh. Selain itu akan membuat tubuh menjadi lebih stabil dalam berlari.
  1. Jaga postur. 
Dalam berlari diperlukan posisi tubuh yang nyaman dan tentunya ringan. Usahakanlah posisibahu terjaga supaya  jatuh agak ke belakang dan pertahankan postur tegak ini pada badan anda. Apabila kita terlalu agak mencodongkan tubuh ke depan, maka akan agak sulit  untuk bernapas panjang. Postur tubuh yang tegak sangat membantu agar paru-paru terbuka sehingga kita dapat bernapas secara lebih efisien terutama dalam posisi berlari dalam jarak yang cukup panjang.
  1. Jangan terlalu cepat dalam berlari.
Tips lain untuk program latihan lari marathon ini adalah dengan menurunkan kecepatan. Kita  dapat meningkatkan jarak tempuh kita dalam berlari apabila kecepatan diturunkan. Cobalah untuk latihan Berlari dengan metode conversational pace, dengan cara mengatur  kecepatan berlari dan  kita masih mampu mengucapkan beberapa kalimat secara penuh tanpa nafas kita terengah-engah. Apabila anda  merasa kehabisan napas,maka cobalah untuk  menurunkan kecepatan. Sejalan dengan berkembangnya  kita akan dapat berlari dengan lebih cepat. Namun untuk saat ini, cobalah fokus pada peningkatan jarak tempuh terlebih dahulu.
  1. Siapkan Energi dan stamina dengan asupan makanan yang tepat
Untuk berlari dalam jarak yang jauh dan juga cepat maka diperlukan energi yang maksimal. Untuk program latihan  lari marathon ini tentunya anda juga harus mempersiapkan energi dan stamina yang maksimal. Dengan mengkonsumsi berbagai makanan yang bergizi yang mampu membuat anda lebih kuat dan bertenaga dalam berlari. Makanlah makanan diet yang bergizi tinggi yang mampu meningkatkan stamina.
  1. Minum air putih cukup
Disaat latihan ataupun berlari anda akan mengeluarkan banyak keringat, oleh sebab itu pastikan anda mengkonsumsi air putih yang cukup dan juga maksimal. Hal ini sangat bermanfaat untuk menghindari dehidrasi bagi anda yang banyak berkeringat. Demikianlah beberapa program latihan  lari marathon. Semoga artikel ini bermanfaat.
Share this post
  , ,


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *