Tips untuk Membuat Anak Terlibat dalam Berlari

Sports family

Berlari merupakan kegiatan olahraga yang mengharuskan setiap orang berlatih secara teratur, untuk memperoleh manfaat psikologis, mental dan fisik. Beberapa tahun terakhir ini masalah obesitas pada anak kian meningkat seiring pola hidup yang tak seimbang. Jika Anda mempertimbangkan peningkatan obesitas pada masa anak-anak, saat ini sangat penting bagi anak-anak untuk melakukan rutinitas seperti itu juga.Sebagai orang tua, adalah tugas Anda untuk mendidik anak-anak tentang manfaat yang berasal dari berlari, serta memotivasi meraka untuk menjadi lebih aktif secara fisik untuk meningkatkan kesejahteraan mereka. Lagi pula, apa yang lebih penting dari kesehatan anak-anak kita?

Manfaat Berlari

Ada beragam jenis manfaat kesehatan dari olahraga lari. Beberapa manfaat yang diperoleh yaitu dapat meningkatkan daya tahan tubuh, menyehatkan jantung, membakar lemak, membuat awet muda dan banyak lagi manfaat yang lainnya. Hal ini disebabkan karena olahraga lari memungkinkan semua anggota tubuh Anda dapat bergerak secara leluasa. Dibalik itu, olahraga lari juga merupakan sebuah penerapan gaya hidup sehat dalam masyarakat yang harus rutin dilakukan.

Berlari sangat bagus untuk anak, asalkan itu disusun dan diawasi oleh orang tua atau professional. Ada perdebatan besar tentang bagaimana dan berapa lama anak harus berlari, tetapi tidak ada yang pasti tentang apakah mereka harus berlari atau tidak. Intinya adalah, jika anda ingin yang terbaik untuk anak Anda, Anda pasti mencoba apa yang sudah di jelaskan di berbagai artikel yang Anda baca.

Semakin dini anak Anda mulai berlari, semakin cepat pula mereka dapat meningkatkan kesehatan jantung dan tulangnya. Berlari juga dikenal untuk meningkatkan kekuatan tulang, memperbaiki tidur, mengurangi risiko penyakit seperti diabetes, serta meningkatkan kepercayaan diri. Berikut ini merupakan beberapa tips untuk membuat anak terlibat dalam berlari.

7 Tips untuk Membuat Anak Terlibat dalam Berlari

  1. Lakukan Bersama

Anda mungkin sudah sering mendengar ini – anak-anak belajar dari tindakan orang tua mereka. Jika Anda ingin meyakinkan anak-anak Anda bahwa berlari itu baik, Anda harus melakukannya juga. Lebih baik, Anda melakukannya bersama.

Jika Anda berlari bersama anak-anak Anda, Anda juga dapat menerapkan kebiasaan sehat lainnya ke dalam rutinitas mereka, seperti pemberian nutrisi yang sehat dan jadwal lari. Anak-anak mencari bimbingan dari orang tua mereka, jadi berlari dengan mereka harus benar-benar menginspirasi mereka.

  1. Ajari Mereka untuk Pemanasan

Semua usaha Anda akan sia-sia jika anak-anak tidak melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum berlari. Tanpa pemanasan, mereka akan merasa sakit setelah berlari, dan bahkan bisa membuat mereka terluka saat melakukannya.

Jangan meremehkan kekuatan peregangan dan pemanasan dan ajarkan ana-anak tentang hal itu segera.  Otot-otot perlu secara bertahap untuk rileks. Kalau tidak, besar risiko sakit yang terjadi pada anggota tubuh mereka, yang pada akhirnya akan menyebabkan hilangnya minat pada anak-anak.

  1. Mulai Perlahan

Jangan memaksakan mereka berlari terlalu keras. Perkenalkan itu langkah demi langkah, dan perlahan. Mulailah dengan lari pendek dan menghibur bagi anak-anak namun tetap jangan samapai membuat anak-anak merasa lelash. Semua harus dilakukan secara bertahap.

  1. Catat Kemajuan Mereka

Tidak harus bergaya militer, tetapi Anda harus mencatat kemajuan lari anak-anak. Dengan cara, Anda dapat melacak prestasi mereka dan menghadiahkan sebagai alat motivasi.

Ketika Anda melakukannya, pastikan untuk memuji prestasi mereka untuk meningkatkan harga diri dan motivasi mereka. Membuat grafik atau mengambil foto saat mereka pertama kali berlari dan menempelkannya pada lemari es adalah motivasi yang hebat.

  1. Mulai Log

Melacak jarak anak dalam log adalah cara yang menyenangkan dan memotivasi untuk membuat tetap berjalan. Ajari anak And acara melakukan ini di log mereka sendiri, atau bahkan di computer. Buat taget perkiraan jarak yang bisa dijangkau agar tetap termotivasi.

  1. Temukan Event Lomba Lari Anak dan Daftarkan Mereka

Ada banyak perlombaan untuk anak yang mempromosikan kebiasaan berlari. Jika Anda tidak dapat berlari bersama anak Anda, pastikan mereka memiliki teman sebaya lain untuk diajak berlari. Perlombaan untuk anak-anak memiliki batas waktu yang sempurna dan selalu pendek, jadi Anda tidak perlu khawatir mereka kelelahan. Plus, mereka mendapat hal baru dengan bersosialisasi anak-anak lainnya.

  1. Mainkan Game

Salah satu teknik terbaik mengajar anak apa pun adalah melakukannya melalu permainan. Anak-anak suka game, jadi mengapa tidak membuat permainan juga? Rencanakan beberapa permainan yang melibatkan kegiatan berlari untuk memotivasi anak dalam berlari.

Apakah Anda siap untuk mengajarkan ana Anda berlari? Gunakan tips untuk membuat anak terlibat dalam berlari ini untuk memotivasi mereka dan meningkatkan gaya hidup mereka yang lebih sehat dan sejahtera.

Share this post
  ,


Leave a Reply