UPCOMING EVENT : 5K World Heart Day Run

Tips dan Cara Program Latihan Lari 10 K

Ketika anda sudah melalui kompetisi di Lari 5 Km, maka kini saatnya anda maju ke kompetisi lari 10 Km. Untuk dapat menjadi pemenang tidaklah mudah. Anda harus berusaha maksimal dan juga latihan yang rutin. Dengan Program Latihan Lari 10 K yang rutin , anda akan dipastikan dapat menjadi pemenang. Ada banyak tips dan program bagi anda untuk menjadi pemenang, anda harus meningkatkan stamina, kekuatan dan juga strategi anda. Berikut akan dibahas secara detail dan juga lengkap.

Program Latihan Lari 10 K harus dilakukan dengan semaksimal mungkin. Berikut ini adalah tips yang bisa anda lakukan :

  1. Ikuti waktu latihan dengan tepat
Latihan sangat penting bagi anda yang akan mengikuti kompetisi lari. Hal ini tentnya sangat berguna dan bermanfaat agar tubuh anda terbangun dan mampu  menjadi pelari yang tercepat. Latihan lari sebaiknya dilakukan setiap hari di setiap waktu pagi, sinag hingga sore. Latihan yang rutin dan maksimal tentunya akan menyempurnakan kemampuan anda. Tingkatkanlah waktu latihan dari hari ke hari.

  1. Jaga postur. 
Dalam berlari diperlukan posisi tubuh yang nyaman dan tentunya ringan. Usahakanlah posisibahu terjaga supaya  jatuh agak ke belakang dan pertahankan postur tegak ini pada badan anda. Apabila kita terlalu agak mencodongkan tubuh ke depan, maka akan agak sulit  untuk bernapas panjang. Postur tubuh yang tegak sangat membantu agar paru-paru terbuka sehingga kita dapat bernapas secara lebih efisien terutama dalam posisi berlari dalam jarak yang cukup panjang.

  1. Jangan terlalu cepat dalam berlari.
Salah satu Tips lain dari Program Latihan Lari 10 K ini adalah dengan menurunkan kecepatan. Kita  dapat meningkatkan jarak tempuh kita dalam berlari apabila kecepatan diturunkan. Cobalah untuk latihan Berlari dengan metode conversational pace, dengan cara mengatur  kecepatan berlari dan  kita masih mampu mengucapkan beberapa kalimat secara penuh tanpa nafas kita terengah-engah. Apabila anda  merasa kehabisan napas, maka cobalah untuk  menurunkan kecepatan. Sejalan dengan berkembangnya  kita akan dapat berlari dengan lebih cepat. Namun untuk saat ini, cobalah fokus pada peningkatan jarak tempuh terlebih dahulu.

  1. Tetapkan strategi Lari-jalan-lari
Di dalam lari marathon, sebaiknya lari anda cukup stabil dan terjaga kecepatannya. Jika anda pemula di dalam  olahraga lari ini , sebaiknya gunakanlah strategi lari-jalan-lari, strategi ini adalah trik dan cara yang bagus untuk perlahan-lahan membangun endurance tubuh. Selain itu akan membuat tubuh menjadi lebih stabil dalam berlari.

  1. Untuk membantu pergerakan ke depan gunakanlah lengan
Pada saat berlari cobalah jaga posisi lengan dalam sudut 90 derajat. Rotasikanlah lengan anda di titik bahu. Saat kita akan menarik satu lengan ke belakang, cobalah tarik lengan satunya ke depan. Pergerakan ini akan sangat membantu tubuh kita untuk bergerak ke depan, sehingga beban kerja kaki sedikit berkurang.  Ini salah satu hal utama dalam Program Latihan Lari 10 K.

  1. Siapkan Energi dan stamina dengan asupan makan yang tepat dan cukup air minum
Untuk berlari dalam jarak yang jauh dan juga cepat maka diperlukan energi yang maksimal. Dengan mengkonsumsi berbagai makanan yang bergizi yang mampu membuat anda lebih kuat dan bertenaga dalam berlari. Makan lah makanan diet yang bergizi tinggiyang mampu meningkatkan stamina.Disaat latihan ataupun berlari anda akan mengeluarkan banyak keringat , oleh sebab itu pastikan pula anda mengkonsumsi air putih yang cukup dan juga maksimal. Hal ini sangat bermanfaat untuk menghindari dehidrasi bagi anda yang banyak berkeringat.  

Demikianlah beberapa tips Program Latihan Lari 10 K, semoga artikel ini bermanfaat.
Share this post
  , ,


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *