Sejarah Singkat Lari Marathon

Tidak sedikit orang yang belum mengetahui sejarah & asal mula lari marathon yang sekarang menjelma menjadi olahraga modern,dan dilombakan sepanjang tahun. Marathon sendiri memiliki standar internasional yang disepakati IAAF yaitu memiliki jarak sepanjang 42,195 Km.

Jarak 42,195 meter biasanya dapat dicapai dalam waktu kurang lebih 2 jam oleh atlit lari profesional. Sementara, bagi para pelari newbi, paling tidak  jarak 42,195 meter bisa dicapai dalam waktu 4 hingga 7 jam. Awal mulanya, olahraga lari marathon ini hanya boleh peruntukan bagi laki-laki. Namun, pada perkembangannya banyak pelari wanita yang memiliki minat sama dalam olahraga marathon, tepatnya pada Olimpiade di Los Angeles pada 1984, yang diikuti dan diperuntukan bagi para pelari wanita.

   Nama marathon sendiri merupakan nama sebuah kota di Yunani bermula dari legenda Pheidippides, seorang kesatria Yunani,  yang dikirim dari kota Marathon, dia melakukan perjalanan dari Yunani ke Athena untuk memberi kabar bahwa bangsa Persia telah dilumpuhkan dalam Pertempuran Marathon.

Pheidippides berlari tanpa henti untuk segera menuju Athena guna menyampaikan kabar kemenangan itu dengan segera, dia berhasil sampai di athena namun sayang dia meninggal setelah berhasil menyampaikan pesannya tersebut, karena kelelahan.Sejak itu, marathon mulai dilombakan setiap tahun, dan diadopsi dibeberapa negara sebagai olahraga lari marathon Seiring berjalannya waktu, olahraga lari dimodifikasi menjadi beberapa cabang olahraga altetik. Yaitu, gabungan beberapa olahraga yang termasuk dalam kategori lari (100 meter, 200 meter, 400 meter, marathon, dan lain-lain).
Nah, selain dilombakan ternyata olahraga lari juga berkembang menjadi sebuah gaya hidup di era saat ini, hadirnya virtualrun juga menjadi sebuah sejarah baru dalam olahraga lari, dimana seluruh pelari dapat berpartisipasi dalam sebuah event lari yang sama akan tetapi dalam tempat yang berbeda, dan terbukti melalui virtual run mampu meanarik banyak minat dari para pelari-pelari pemula untuk ikut bergabung bersama, berlari secara konsisten agar tercapai jarak dan dalam waktu yang sudah ditentukan.Nah sudah siap ikutan lari marathon ? kalo kemu pemula pelajari dulu beberapa teknik berlari  yang akan membantu kamu supaya terhindar dari cedera, yang terpenting adalah latihan & konsisten, Mari berlari & tularkan hidup sehat. 
Share this post
  ,


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!