Jenis Start Lari Jarak Pendek

start-jarak-pendek

Jenis-jenis start dalam lari jarak pendek perlu diketahui oleh semua atlet lari jarak pendek sebelum perlombaan dimulai. Tentu kamu sudah memahami bahwa lari jarak pendek ialah salah satu cabang olahraga atletik yang paling banyak diperlombakan dalam masyarakat. Biasanya lari jarak pendek ini tidak melulu dipertandingkan pada level dewasa, tetapi pun pada level anak-anak. Bahkan pada pada tingkat sekolah, lari jarak pendek dijadikan sebagai syarat kelulusan dengan sistem ujian praktik.

Pentingnya start dalam perlombaan lari jarak pendek ini mengindikasikan bahwa tanpa start yang tepat, maka akan susah untuk bisa memenangkan perlombaan. Mengapa dapat sulit memenangkan perlombaan ketika salah start pada lari jarak pendek? Alasannya ialah sesuai dengan namanya, lari jarak pendek mempunyai jarak yang pendek dan masa-masa perlombaan yang singkat. Jadi saat sudah salah start, maka akan susah untuk bisa mengejarnya. Lalu apa yang mesti kamu lakukan? Tentu anda mesti mengetahui apa saja jenis-jenis start dalam lari jarak pendek. Berikut jenis-jenis start dalam lari jarak pendek.

Jenis-jenis Start Jongkok dalam Lari Jangka Pendek

start-jarak-pendekAda minimal tiga jenis start jongkok yang dapat kamu gunakan untuk mengawali lari jarak pendek. Ketiga macam jenis start jongkok itu antara lain ialah start pendek, start menengah, dan start panjang. Berikut ini kamu dapat memahami bagaimana jenis start itu dapat kamu gunakan dengan kiat yang benar.

• Start Pendek – Short Start Type / Bunch Start Type

Perhatikan bagaimana kamu melakukan sikap permulaan pada jenis start yang kesatu ini. Artinya, terdapat sikap mula saat mengawali start pendek. Sikap mula tersebut antara lain dibuka dengan berdiri tegak dan kedua kaki kamu masih dalam posisi rapat. Setelah itu, posisikan tangan kamu di kedua sisi badan kamu dengan tatapan konsentrasi ke depan. Saat akan menginjak fase posisi start, mulailah dengan melangkahkan di antara kaki kamu ke depan. Umumnya kaki yang dijadikan andalan depan ialah kaki kiri. Posisi jari kaki ialah lurus ke depan. Kemudian posisikan pun posisi kaki belakang menjadi sejajar dengan tumit kaki yang terdapat di posisi di depan.

Perlu kamu perhatikan bahwa terdapat jarak ideal antara kaki yang diposisi depan dan yang diposisi belakang, yakni sekitar satu kepal tangan jauhnya. Terakhir, posisikanlah kedua lengan kamu sebagai andalan dengan posisi yang lurus dengan bahu. Jari jari kamu tetap dalam posisi rapat dan ibu jari kamu terbuka serupa sebelum melalui garis start.

• Start Menengah – Medium Start Type

Sama laksana teknik start sebelumnya, macam macam start dalam lari jarak pendek berikutnya butuh menyiapkan sikap permulaan yang tepat. Kali ini jenis start menengah yang bakal dilakukan. Posisi siap di mula perlombaan ialah sama yakni dengan berdiri tegak memakai kedua kaki yang dalam posisi serupa rapat. Fokuskan pandangan kamu ke depan dan kedua tangan lurus di sisi badan anda. Tepat sesudah perlombaan bakal dimulai, kamu dapat memosisikan tubuh pada posisi start melayang. Jangan lupa guna mengusung tidak banyak posisi unsur bawah tubuh kamu sebagai start melayang tanda dilakukan.

• Start Panjang – Long Start Type

Start panjang ialah satu lagi dari macam macam start dalam perlombaan lari yang juga dilaksanakan dengan dimulai dengan posisi sikap awal. Tidak terdapat bedanya, melulu saja posisi kaki belakang dan kaki depan bakal mempunyai sedikit perbedaan dengan start pendek ataupun start menengah. Jadi pastikanlah untuk memahami dahulu bagaimana kamu bisa mengerjakan macam macam start jongkok ini sebelum kamu memutuskan bakal menggunakannya atau tidak. Setelah memahami macam start yang kamu perlu lakukan, maka pelajarilah tahapan selanjutnya tentang teknik ketika mendengar aba-aba start.

start-jarak-pendek

Teknik Fokus Mendengar Aba-aba Start Jongkok

Setelah mengerjakan start jongkok apapun macamnya, maka kamu perlu menyiapkan diri dalam mendengar aba—aba start. Aba-aba ialah istilah yang dipakai untuk menyatakan tanda dimulainya perlombaan. Berikut ini kiat yang butuh diketahui dalam sejumlah langkah ketika mendengar aba-aba. Aba-aba yang kesatu ialah “bersedia,” jenis aba-aba ini ialah aba aba yang kesatu yang menandakan pemain mesti siap sebelum berlari. Pelari mengerjakan posisi mau dengan memakai satu kaki guna melangkah ke depan, tetapi masih di belakang garis start. Saat melangkah, pemain pun bisa memosisikan tubuh tidak banyak berjongkok cocok dengan peraturan start yang dipakai apakah start pendek, start menengah, ataukah start panjang. Jika sudah, maka posisikan kedua tangan kamu hingga ke jari-jarinya ke unsur tengah.

Aba-aba sesudah “bersedia” ialah aba-aba “siap”, pada aba-aba ini ada evolusi posisi yang perlu dilaksanakan oleh pemain yakni dengan mengerjakan pengangkatan bokong ke posisi yang menjadi lebih tinggi dari panggul dan bahu pemain. Selanjutnya, posisikan pun kepala pemain menjadi membungkuk dan bukan lagi tegang. Aba-aba terakhir biasanya ialah suara pistol yang ditembakkan. Jika tidak ada, seringkali akan diganti dengan aba-aba “ya.” Saat aba-aba “ya,” pemain bisa segera melakukan desakan kaki belakang guna lari melangkah ke depan dan mengawali perlombaan. Demikianlah start yang baik bisa dilakukan.

Berikut tadi informasi tentang teknik kiat dalam jenis-jenis start dalam lari jarak pendek. Semoga informasi ini dapat kamu manfaatkan untuk mengajar diri kamu lagi lebih siap menghadapi perlombaan. Semoga perlombaan lari jarak pendek ini dapat kamu kuasai kiat teknik yang sudah diterangkan di atas. Jadi tidak boleh tunggu lama lagi dan cobalah pelaksanaan kiat yang terbaik guna perlombaan lari jarak pendek ini.

Share this post
  , ,


Leave a Reply