Jenis Olahraga Lari yang Ada di Indonesia

Lari merupakan kegiatan olahraga tertua di dunia. Kegiatan ini sudah dilakukan sejak peradaban kuno, tetapi belum dimasukkan ke dalam cabang olahraga. Dan saat ini olahraga lari sudah sangat terkenal di seluruh dunia. Dan saat ini, jenis olahraga lari yang ada di Indonesia sangat beragam. Mulai dari lari jarak pendek sampai dengan lari jarak jauh. Maka pada artikel kali ini, akan membahas macam-macam jenis olahraga lari yang ada di Indonesia. Baca selengkapnya!

1. Lari jarak pendek
Untuk mendapatkan kesehatan lari, maka cobalah jenis olahraga lari yang satu ini. Lari jarak pendek atau disebut juga lari sprint, merupakan salah satu cabang dari olahraga lari cepat. Karena jarak tempuh dari lari ini sangat pendek, diperlukan kecepatan maksimal yang harus ditempul oleh seorang pelari agar cepat menuju garis finis. Pelari dari cabang bisa disebut juga dengan sprinter. Adapun jarak yang ditempuh oleh perlari sprint ini yaitu 100 m, 200 m, dan 400 m.

2. Lari jarah menengah
Jenis olahraga lari yang ada di Indonesia selanjutnya yaitu lari jarak menengah. Sebenarnya lari jarak menengah tekniknya hampir sama dengan lari jarak pendek. Yang jadi pembeda yaitu jarak yang tempuh oleh seorang pelari atau sprinter tersebut. Karena jarak yang ditempuh mulai dari 800 m sampai dengan 1500 m. Selain jarak yang berbeda, pelari jarak menengah ini harus mempunyai daya tahan tubuh yang lebih baik dari pelari jarak pendek. Karena jaraknya yang terpaut lumayan jauh.

3. Lari jarak jauh
Jenis kesehatan lari yang ada di Idonesia ini cukup terkenal dan sudah dimasukkan dalam kegiatan olimpiade nasional. Bisanya aktivitas ini dilakukan di stadion olahraga. Jarak tempuh yanng digunakan dari olahraga tidak tanggung-tanggung yaitu sejauh 3000 m, 5000 m dan 10.000 m. Sehingga untuk melakukan olahraga yang satu ini Anda haru mempunyai ketahanan tubuh yang baik dan mental yang kuat untuk dapat memenangkan perlombaan atau olimpiade dari jenis olahraga ini.

Dari macam-macam jenis olahraga lari yang ada di Indonesia tersebut, manakah olahraga yang akan Anda coba? Semoga Anda tertarik untuk mencoba ketiga jenis olahraga lari yang masing-masing memiliki tingkat kesulitan tersendiri.
Share this post
  ,


Leave a Reply