UPCOMING EVENT : 10K Tiger Challenge

Beberapa Makanan Yang Diperlukan Pelari

Menjadi seorang pelari sangatlah membanggakan. Di bidang olahraga ini atlet pelari tentu saja harus siap bersaing disetiap kompetisi dan berharap untuk selalu bisa unggul menjadi pemenang. Selain dengan berlatih giat, Tentunya seorang atlet lari harus memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi yang nantinya juga merupakan sumber energi bagi nya untuk dapat berlari. Seorang pelari juga harus sehat, bugar dan kuat dalam kesehariannya. Menjaga hal ini lah yang harus dilakukan secara ketat. Berbicara tentang asupan makanan, ada banyak makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh pelari dan juga ada makanan yanh sebaiknya dihindari. Berikut ini akan dibahas makanan apa saja yang diperlukan pelari.

Makanan apa saja yang diperlukan pelari tentunya menjadi hal yang sangaT penting bagi pelari itu sendiri. Berikut inilah ulasannya.

1. Diet seimbang
Seorang pelari haruslah mengkonsumsi makanan seimbang dengan nutrisi yang tepat dan bergizi tinggi. Dengan nutrisi yang tepat,maka akan membangun stamina dan energi, meningkatkan daya tahan tubuh dan juga sistem kekebalan tubuh, dan memastikan tubuh bekerja dengan baik. Ada beberapa nutrisi penting yang harus dikonsumsi oleh pelari yaitu meliputi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan air. Makanan apa saja yang diperlukan pelari ?yaitu yang seimbang .

2. Karbohidrat
Karbohidrat yang diperlukan yaitu sekitar 60% sampai dengan 65% dari total asupan kalori yang dikonsumsi. Karbohidrat merupakan sumber energi yang terbaik untuk seorang pelari, Hal ini penting karena berguna untuk hal yang dibakar selama lari.Makanan apa saja yang diperlukan pelari ?yaitu yang tinggi karbohidrat.

3. Karbohidrat sederhana
Karbohidrat sederhana yaitu seperti gula dan madu tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan para pelari. Gantilah gula dan madu dengan karbohidrat kompleks seperti gandum, oat, dan beras merah. Perbanyaklah konsumsi sayuran mentah dan juga buah buahan yang kaya dengan vitamin. Jangan lupa konsumsi beberapa jenis buah, seperti apel dan pisang.

4. Protein
Zat protein berguna sebagai menyediakan energi dan juga bermanfaat untuk memperbaiki jaringan yang rusak selama latihan lari. Dengan mengonsumsi cukup protein,maka akanmembuat rasa lapar menjadi hilang. Asupan protein yang harus dikonsumsi oleh pelari adalah 205 sampai dengan 255 dari asupan kalori harian kita. Protein ini dapat diperoleh dari ayam, telur, kedelai, dan lain-lain.

5. Vitamin
Vitamin ini merupakan bagian terpenting dari diet pada seorang pelari, supaya terhindar dari radikal bebas. Vitamin ini sangat banyak diantaranya, A,B,C, D,E,K dll.

6. Kalsium
Asupan kalsium juga sangat penting bagi seorang pelari, hal ini bermanfaat agar terhindar dari osteoporosis dan juga patah tulang. Makanan yang mengandng banyak kalsium adalah produk susu yang rendah lemak, sayuran berdaun gelap, kacang-kacangan, dan juga telur.

7. Zat besi
Zat besi juga sangat dibutuhkan oleh pelari, seorang pelari jangan sampai kekurangan zat besi. Zat besi ini dapat memberikan oksigen ke dalam sel-sel tubuh kita. Bila seorang pelari kekurangan zat besi, maka akan mudah sekali lelah dan capek. Zat besi bisa diperoleh dari dalam daging tanpa lemak, sayuran berdaun hijau, dan kacang-kacangan.

Demikianlah beberapa makanan dan zat zat yang penting bagi seorang pelari. Makanan apa saja yang diperlukan pelari ? harus menjadi program dan juga perhatian khusus bagi seorang pelari. Zat zat diatas merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh pelari. Dengan kelengkapan asupan gizi maka energi yang di dapat pun akan maksimal. Stamina dan daya tahan tubuh pun akan kuat dan bugar.
Share this post



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *